Kamis, 01 Desember 2016

Belajar sejarah sebagai teleportasi masa depan



                                       
Manusia terlahir sebagai mahluk yang penuh jejak pengalaman, jejak kehidupan, jejak-jejak  tersebut adalah rekaman masa lalu yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebuah pengalaman masa yang akan datang.
Bagaimana dengan sejarah, sejarah merupakan ilmu yang tidak sengaja ditemukan sebagai tolak ukur pengalaman (manusia) seseorang mengenali dirinya dan hubungannya dengan alam sekitarnya.
Melihat sejarah dalam bahasa ke Ilmuannya menjadi penting karena konsep dan teori tentang sejarah scara benar, sejarah dalam bahasa Arab disebut Sajaratun, dalam bahasa Yunani disebut istoria, dalam bahasa Inggris kita sebut Histori, dalam arti sebuah pohon kehidupan, berantai, dan beranak pinak.
Sejarah disimpulkan sebagai sebuah peristiwa atau silsislah kehidupan manusia, apapun yang terjadi jika itu berhubungan dengan manusia dapat dikatakan sebagai sejarah.
Orientasi Sejarah saat ini mungkin banyak orang yang beranggapan hanya melihat masa lalu, padahal sebuah teori menyebutkan bahwa  semua yang berhubungan dengan manusia bisa disebut sejarah, masa depan misalnya apa yang menjadi kontribusi sejarah dalam hal ini? Pengalaman masa lalu merupakan rancangan bagi manusia untuk melakukan perubahan. Pengalaman menarik seperti apa yang sejarah suguhkan untuk diceritakan? Saat ini banyak orang sudah menyadari kebutuhan sejarah untuk mengetahui sebuah peristiwa, termasuk para sineas Film, Penulis novel,dan penggiat budaya, memakai sejarah sebagai landasan berfikir atau berkarya mereka, termasuk politisi.
Dunia perfilman saat ini misalnya, sudah sangat maju, materi film yang disugguhkan juga kadang tidak masuk akal (futuristik), namun semuanya bisa terjadi di masa depan, dulu orang beranggapan tidak mungkin manusia dapat berkomunikasi melalui jarak jauh, tapi apa yang terjadi ketika manusia berupaya mewujudkannya jadilah Telephone, dulu orang  menyangkal bisa terbang di udara dapat pergi ke belahan bumi lainnya dengan waktu yang singkat, dan akhirnya manusia bisa membuat alat yang disebut pesawat terbang. Dan masih banyak penemuan-penuman yang tidak masuk akan namun sekarang sudah ditemukan dan menjadi bagian kehidupan keseharian manusia.
Para novelis dan para penggiat budaya saat ini sudah tidak bisa lepas dengan karya mereka dengan memakai sejarah sebagai pijakan berfikir mereka, jauh dari segala problematika di masyarakat sekarang ini hendaknya kita sebagai generasi perubahan memahami sedekat mungkin sejarah sebagai identitas umum masyarakat, bayangkan jika sejarah  dihilangkan dalam metode keilmuan manusia, maka tidak akan lahir revolusioner visual terhadap masa depan.
Tidaklah mungkin kejadian yang dianggap tidak mungkin akan mungkin terjadi dimasa mendatang, ketika orang bisa merancang masa depan dengan pemikiran yang irasional menjadi rasional, banyak peneliti seperti para  ilmuan-ilmuan yang saat ini berupaya menggembangakan penelitiannya dalam bentuk apapun.
Dalam catatan sejarah penemuan bisa dibayangkan semua yang kita pakai hari ini adalah penemuan masa lalu, dan bayangkan jika yang kamu anggap tidak mungkin bisa mungkin terjadi dimasa depan,
Melalu sebuah istilah Teleportasi (berpindah dari satu tempat ke tempat lain atau meruang dan waktu), merupakan istilah yang banyak disadur dalam dunia perfilman fiksi, mungkin belum banyak orang yang meneliti hal tersebut terlebih dalam hubungannya dengan masa depan, masa depan merupakan kehidupan yang susah diprediksi oleh manusia.
Manusia mungkin hanya bisa mendeteksi/ memperkirakan dari hasil pengalaman masa lalu, berarti sejarah sangat diperlukan untuk ini. Sejarah bisa dijadikan bahan teleportasi dalam arti fungsi dan kegunaanya bisa memperbesar peluang manusia memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dimasa depan. Sejarah sebagai bagian yang tak terpisahkan oleh waktu, selama waktu terus berjalan maka rekaman peristiwa manusia masih tetap berjalan untuk meraancang masa depan yang lebih baik.


catatan 25 november 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar